APA PROMO BUKU GROLIER SAAT INI? Act Now

Hide
Show

ENSIKLOPEDIA

apa itu ensiklopedia?
ensiklopedia adalah sebuah referensi yang mengandung sekumpulan informasi dari semua cabang pengetahuan atau dari salah satu cabang pengetahuan terteentu

Kata ensiklopedia berasal dari Koine Greektransliterated enkykliospaideia, yang berarti “pendidikan umum”: • Salah satu karya ensiklopedia paling awal dan yang tomodern di masanya adalah “Naturalis Historia dari Pliny the Elder.”. Encyclopedua Britannica adalah ensiklopedia berbahasa Inggris tertua yang masih diproduksi. encyclopedia Ini pertama kali diterbitkan antara 1768 dan 1771 di Edinburgh, Skotlandia dalam tiga volume.

Gaius Plinius Secundus (23 AD – 25 Agustus 79 M), lebih dikenal sebagai Pliny the Elder adalah seorang penulis Romawi, naturalis, dan filsuf alam serta komandan angkatan laut pada Kekaisaran Romawi awal, dan teman dekat dari kaisar Vespasian.

Pada Abad ke-18 – ke-19 • adalah Awal dari gagasan modern dari ensiklopedia cetak serba yang bisa didistribusikan secara umum sebelum ensiklopedia abad ke-18. • Ephraim Chambers menerbitkan Cyclopedia-nya pada tahun 1728. Hal ini mencakup ruang lingkup subjek yang luas, menggunakan pengaturan abjad, bergantung pada banyak kontributor yang berbeda dan termasuk inovasi referensi silang bagian lain dalam artikel. Chambers juga disebut sebagai bapak ensiklopedia modern untuk karya dua jilid ini.

Pada awal abad ke-20, Encyclopedia Britannica mencapai edisi kesebelas, dan ensiklopedi andinexpensive seperti Harmsworths Universal Encyclopedia dan Everylymans Encyclopedia adalah ensiklopedia hampir sejenis.

Perkembangan Internasional Perkembangan Internasional • Selama abad ke-19 dan awal abad ke-20, banyak bahasa yang kurang berkembang mengenai ensiklopedi pertama mereka, kebanyakan menggunakan model bahasa Prancis, Jerman, dan Inggris.

Encyclopedia pertama di Dunia
Ensiklopedia Denmark yaitu SalmonsensKonversationsleksikon (19 volume, 1893–1911) • Ensiklopedia Ensiklopedia Finlandia yaitu Tietosanakirja (11 volume, 1909–1922). Abad ke-20 • Ensiklopedi populer dan terjangkau seperti Harmsworths Universal Encyclopaedia dan Childrens Encyclopaedia muncul pada awal 1920-an.

Pada akhir abad ke-20, ensiklopedi dipublikasikan pada CD-ROM untuk digunakan dengan komputer pribadi. Microsofts Encarta, diluncurkan pada tahun 1993, adalah contoh ensiklopedia karena tidak memiliki cetakan

Ensiklopedi tradisional ditulis oleh sejumlah penulis teks yang bekerja. biasanya orang dengan gelar akademis, dan didistribusikan sebagai konten kepemilikan.

Abad ke dua puluh satu Struktur hirarkis ensiklopedi dan perkembangan jaman secara khusus dapat diadaptasikan ke format digital Karakteristik Empat elemen utama mendefinisikan ensiklopedia:
• materi pokoknya
• ruang lingkupnya
• metode organisasinya
• dan metode produksinya:

Ensiklopedia dapat bersifat umum, yang berisi artikel tentang topik di setiap bidang (Ensiklopedia bahasa InggrisBritannica dan Brockhaus Jerman adalah contoh yang terkenal). Ensiklopedia umum sering kali berisi panduan tentang cara melakukan berbagai hal, juga sebagai kamus yang disematkan dan tolok ukur. Beberapa metode organisasi yang sistematis sangat penting untuk menjadikan ensiklopedia dapat digunakan sebagai sebuah karya referensi.

Tujuan dari sebuah ensiklopedia adalah mengumpulkan pengetahuan yang diketahui dari seluruh dunia. Ensiklopedia dianggap sebagai sumber informasi sekunder atau tersier, karena sebagian besar karyanya dipegang oleh banyak orang.

jenis ensiklopedi:
ensiklopedi cetak
ensiklopedi online

Apa itu ensiklopedia cetak? Ensiklopedia cetak adalah seperangkat buku yang berisi informasi tentang banyak subjek yang berbeda. Karena jumlah informasi tidak dapat dimasukkan ke dalam satu buku, buku ini dibagi menjadi banyak buku yang lebih kecil. Setiap buku disebut volume.

biasanya Ensiklopedi dibagi menjadi artikel atau entri, yang biasanya diakses berdasarkan abjad berdasarkan nama artikel.

Bagaimana volume ensiklopedi terorganisir? Volume di setiap set diatur dalam urutan abjad untuk memudahkan mencari informasi. Mereka juga diberi nomor untuk memudahkannya agar tetap teratur.
4. Bagaimana subyek dalam ensiklopedi terorganisir? Di halaman, subjek disusun menurut urutan abjad dengan kata panduan di setiap halaman seperti kamus.
5. Untuk mencari subjek, cari huruf yang diawali dan pilih volume itu. Subjek pada setiap halaman biasanya dicetak dengan huruf besar dan gelap. Contoh: d inosaurs
6. Untuk menemukan seseorang, cari nama belakang orang tersebut. Contoh: George W ashington

Disampaikan oleh: Mark Angelo M. Labitigan BLIS-III Disajikan untuk: Ms. Myrna P. Macapia, Pustakawan

jika artikel ini bermanfaat, share it!

 Posted on : April 4, 2018

Related Post

WHATSAPP