APA PROMO BUKU GROLIER SAAT INI? Act Now

Hide
Show
 Categories : Uncategorized

 

Memaksimalkan Perkembangan Otak Balita

8

Sebagai orang tua, kita seharusnya tahu bahwa orang tua yang berkapasitas sebagai pengasuh balita bisa memberi pengaruh signifikan pada perkembangan otak balita. Walaupun otak balita sudah berkembang sejak masih dalam janin,akan tetapi dalam masa enam tahun pertama kehidupan balita adalah waktu yang paling penting untuk perkembangan otak balita. oleh karena itu kita perlu mengetahui akan tahapan perkembagan otak balita sehingga kita sebagai orang tua bisa memaksimalkan kecerdasan balita kita pada setiap tahap. Selanjutnya akan dibahas setiap tahap perkembangan otak anak sejak masa kehamilan hingga usia 10 tahun.

1. Masa selama dalam kehamilan

Kita harus mengetahui bahwa Kesehatan ibu sebelum hamil sangat penting untuk pertumbuhan fisik bayi dan juga otak bayi. Dengan Nutrisi yang baik, menghindari alkohol maupun rokok juga obat-obatan adalah hal terbaik yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan perkembangan otak janin yang sedang dikandung. Ibu hamil sangat disarankan makan makanan yang banyak mengandung Omega 3 atau DHA. Karena DHA sangat baik untuk perkembangan otak bayi, terutama pada kehamilan bulan ke 7 hingga masa menyusui.

Artikel yang terkait : Manfaat Omega 3 bagi Anak

2. Ketika bayi sudah dilahirkan

Bayi yang baru dilahirkan sudah dikaruniai Allah SWT lebih dari 100 miliar sel otak. Sel-sel otak inilah yang akan membantu mengontrol fungsi-fungsi utama dalam tubuh sang anak. Fungsitubuh tersebut diantaranya fungsi pernafasan, panca indera sampai dengan fungsi yang lebih kompleks misalnya fungsi kecerdasan.

Selama proses pertumbuhan anak, koneksi antar 100 miliar sel-sel ini terjadi. Koneksi antar sel otak bisa terjadi ketika anak mengalami sesuatu yang baru dengan melibatkan panca indera mereka. Misalnya Menimang, berbicara, senyum, serta memperkenalkan bayi pada pandangan, bau, sentuhan tekstur dan varian rasa baru dapat mensimulasi koneksi sel-sel otak. Semakin banyak pengalaman ini diulang secara kontinyu,maka semakin kuat koneksi yang terbentuk. Yang patut diingat oleh para orang tua,hanya pengalaman yang positif yang membantu perkembangan otak anak! sedangkan pengalaman negatif hanya akan menyebabkan masalah emosional dan perilaku. Pada usia kurang lebih 3 tahun, koneksi antar sel otak ini paling banyak terjadi.

Tahap-tahap perkembangan otak

Berikut ini adalah masa-masa perkembangan otak yang dapat kita manfaatkan untuk memaksimalkan perkembangan kecerdasan anak kita bunda. Simak ya…

ke 1 adalah Perkembangan motorik : selama kehamilan sampai dengan 5 tahun
Ke 2, Perkembangan emosional : sejak lahir sampai 2 tahun (paling sensitif adalah antara 10-18 bulan)
Ke 3, Pengelihatan : sejak lahir sampai 2 tahun (terutama antara 2-4 bulan dan 8 bulan)
Ke 4 Kosa kata : sejak lahir sampai 3 tahun (terutama antara 6-12 bulan)
Ke 5 Bahasa : antara 6-10 bulan
Ke 6 Logika / matematika : sejak lahir sampai 4 tahun
Ke 7 Musik : sejak lahir sampai 10 tahun
Dengan orang tua yang tanggap dan mengetahui masa-masa perkembangan otak anak, diharapkan orang tua dapat memberikan pengaruh positif pada setiap tahap tersebut supaya balita kita menjadi lebih berkembang lagi kecerdasan nya. Contohnya gini, Misalnya orang tua pengen mengajarkan banyak kosa kata dan mengembangkan kemampuan bahasa anak, Usaha maksimal bisa dilakukan terutama pada usia 6-12 bulan. Yaitu dengan mengajak anak bicara walaupun mungkin ia belum mengerti adalah cara yang paling ampuh untuk merangsang perkembangan bahasa anak kita.

Apabila para orang tua ingin memperkenalkan bahasa lain, sebaiknya dilakukan pada usia 0 bulan – 3 tahun. Karena pada rentang usia tersebut, perkembangan kemampuan bahasa terjadi, maka tidak heran banyak orang tua yang mengakui bahwa anak balitanya banyak belajar kosa kata bahasa Inggris dari tayangan anak-anak berbahasa Inggris di TV.

Begitu pula ketika para orang tua hendak memilihkan mainan anak, pilihlah yang sesuai dengan setiap tahap perkembangannya agar dapat merangsang perkembangan kecerdasa, emosional, motorik, serta logika.

Artikel terkait : Memilih Mainan Anak 1 Tahun

Sumber : After Your Baby is Born, Region of Peel dan berbagai sumber lainnya

Related Post

jika artikel ini bermanfaat, share it!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked by *.

Related Post